Kaledoskop Pondok Pelatihan ICF Mekarsari (2007)

ktnb8 Mei 2007 – TERNAK SAPI: MENGENAL PENYAKIT PADA SAPI DAN PENANGGULANGANNYA. Pelatihan ini disampaikan oleh Drh. Wirtanto untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tani-ternak akan penyakit-penyakit berbahaya pada sapi. Dilaksanakan olek ComDev dengan bantuan CHF-international dan AIG Amerika Serikat.

PENYAPIHAN DINI PADA PEDET – Pelatihan disampikan oleh Drh. Yuli Astutiningsih untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tani-ternak akan perlunya penyapihan dini untuk meningkatkan produktifitas program breeding. Dlaksanakan oleh ComDev dengan bantuan CHF-International dan AIG Amerika Serikat.

KESEHATAN REPRODUKSI PADA SAPI – Pelatihan disampaikan Drh. Wisnu Sukmono untuk meningkatkan pemahaman masyarakat  tani-ternak  akan sistem reproduksi pada sapi sehingga masyarakat bisa melaksanakan program breeding dengan baik terutama berkaitan dengan kesehatan sistem reproduksi ternaknya. Dilaksanakan oleh Comdev dengan dukungan dari CHF – International dan AIG Amerika Serikat.

9 Mei 2007 – SISTEM PERKANDANGAN. Pelatihan ini disampaikan oleh Parmi Kasiyati SPt. Diharapkan dari pelatihan ini bisa memberikan gambaran mendasar mengenai perkandangan yang sehat baik untuk ternak maupun untuk lingkungan sekitarnya. Dlaksanakan oleh Comdev dengan dukungan biaya dari CHF-International dan AIG Amerika Serikat.

PENINGKATAN MUTU LIMBAH PERTANIAN UNTUK PAKAN TERNAK – Pelatihan Disampaikan oleh  parmi Kasiyati SPt. Diharapkan lewat pelatihan ini petani-ternak mampu mengelola limbah pertaniannya menjadi pakan yang baik melalui proses amonisasi.  Amonisasi limbah pertanian ini sudah disampaikan hingga empat kali oleh beliau ibu PPK  sehingga beliau di kalangan Ibu-ibu ternak sapi Mekarsari  populer juga dengan sebutan Ibu Parmi Amonisasi SPt.

10 Mei 2007 – NUTRISI TERNAK SAPI MENGENAL KEBUTUHAN NUTRISI PADA TERNAK SAPI – Pelatihan disampaikan oleh Drs. R.G Haryana DSp. Diharapkan dari pelatihan ini petani-ternak mampu memahami seberapa besar kebutuhan ternaknya akan nutrisi bagi hewan ternaknya. Dilaksanakan oleh Comdev dengan bantuan CHF-International dan AIG Amerika Serikat.

MENGENAL BAHAN BAKU KONSENTRAT SAPI DAN FORMULASINYA – Pelatihan disampaikan oleh Drs. R.G. Haryana DSp. Meski hanya singkat diharapkan petani-ternak bisa memahami dasar-dasar penyusunan ransum / konsentrat pada sapi ternaknya.

11 Mei 2007 – PENGELOLAAN LIMBAH TERNAK MENJADI PUPUK ORGANIK – Pelatihan disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Harjono Tri Atmojo MS. Guru besar Fapet UGM. Diharapkan lewat pelatihan ini petani-ternak mampu mengelola limbah ternaknya dan mengolahnya menjadi pupuk organik yang bermutu tinggi guna menyelamatkan lingkungan dan mengurangi biaya saprotan yang kian mahal dan langka. Program ini dilaksanakan oleh Comdev dengan bantuan CHF-International dam AIG Amerika Serikat.

20 Mei 2007 – STUDI BANDING KE SALATIGA, JATENG – Untuk memberikan wawasan pada petani-ternak mengenai integrasi perternakan-pertanian dan energi alternatif. Diharapkan program yangada nantinya akan bisa bersinergi. Rombongan dikoordinasi oleh Comdev. Biaya dari Comdev dan partisipasi warga. Dengan melihat sendiri bagaimana memasak pakai Biogas dan bertanam palai limbah biogas petani akan punya gambaran yang nyata akan sinergi tersebut.

28 Mei 2007 – KUNJUNGAN

–  Tamu negara dari asean mengunjugi mekarsari; Mungkin Mekarsari merupakan satu-satunya kandang kelompok yang paling banyak dikunjungi oleh tamu negara di Indonesia. Enam belas negara hadir dan menorekan tanda tangannya di kanvas. Kunjungan Diplomat dari Negara-negera ASEAN ( Malaysia, Singapura, Laos, Brunai, Vietnam, Tailand, Kamboja)  plus Jepang, Cina, dan Korea,  Australia dan Jerman.Pada akhir acara kunjungan dilaksanakan penanaman pohon dan penebaran benih ikan di beberapa kolam baru di kompleks ICF Mekarsari.

– Kunjungan Wakil Bupati Bantul, BAPEDA, Dinas PKP kab. Bantul.

– Kunjungan Petugas Penyuluh Lapangan wilayah Bantul Barat dalam rangka studi lapangan  tentang Biodigester.

– Kunjungan 25 Siswa-siswi SMK Pertanian Pandak I Bantul Yogyakarta.

4 September 2007 – PEMBANGUNAN KANDANG KAMBING PE DIMULAI – Kandang kambing PE untuk pogram breeding dengan panjang 15 meter ini dibiayai sepenuhnya oleh Bpk. Ir. Ciputra. Kandang itu nantinya pada tahap I akan digunakan untuk memlihara 10 ekor kambing PE ras Kaligesing.

15 September 2007 – PELATIHAN BUDIDAYA KAMBING PE – Disampikan pada 10 orang calon pemelihara kambing PE supaya mereka sedikit banyak tahu tentang seluk beluk pemeliharaan maupun karakter kambing susu tersebut

17 September 2007 – KAMBING PE DATANG – Diharapkan calon-calon induk itu nantinya ndrebolo dan bisa berkembang biak sesuai dengan harapan. Juga susunya kelak bisa berprouksi banyak. Kambing PE ini dibeli dan didatangkan langsung dari Kaligesing dengan biaya dari Ir. Ciputra. Diharpkan petani memliharanya dengan bagus dan kelak hasilnya dibagi dua. Hasil baginya akan dikirim ke panti-panti asuhan sebagai program social entreprenourship

18 September 2007 – Kunjungan oleh Bapak Dhavid dari Lembaga YP2SU dari Kotagede dan Bapak Hartoyo, Harwanto, Sariwidigdo dan Parjiyo dari Pelemsewu, Sewon dalam rangka studi lapangan tentang Biodigester

19 September 2007 – Pembinaan kelompok oleh Ibu Parmi Kasiyati – Pembinaan ini perlu untuk mengingatkan kembali pada para peternak supaya mengusahakan ternaknya sebaik mungkin supaya mendapatkan keuntungan yang memadai dari uasaha breeding ini

3 Oktober 2007 – Kunjungan Bapak Sarjuni dari Bawuran Pleret untuk keperluan survey dan kunjungan Bapak Budi Bowo dan Budi Muryanto dari Pleret Bantul untuk keperluan studi lapangan tentang biodigester. Mereka menanykan seputar pembuatan biodigester bila tidak menggunakan bentuk kubah seperti lazimnya biodigeseter yang ada. Pertanyaan-pertanyaan ini bisa dijawab dengan gamblang oleh Pak Priyanto pemegang sertifikat pembuatan reaktor biogas lulusan Comdev.

6 Oktober 2007 – Kunjungan oleh Bp. Bambang, Bp. Wisnu Larsono, Ibu M. A. Rusmarini dan Ibu V. Nani S. dari Asosiasi Yayasan Untuk Bangsa.

22 Oktober 2007 – Kunjungan oleh Ibu Sri Wahyuni dari Kauman, Gilangharjo

29 Oktober 2007 – Kunjungan oleh Sr. Fransisca FSGM dari Pringsewu, Lampung untuk melihat dari dekat sinergi peternakan, pertanian dan energi alternative

20 November 2007 – Kunjungan oleh Bp. Nofriyatno dan Bp. Sanggono dari Ganjuran, Bambanglipuro. Penjajagan kemungkinan mengembangkan reaktor biogas ke Sumatra Barat.

02 Desember 2007 – Kunjungan oleh Yoko/Focolare dari Sumuran, Palbapang dan  Bp. Dukuh Jembangan, Segoroyoso.

07 Desember 2007 – Kunjungan oleh Pamong Desa (Ekobang) dari Sidomulyo

12 Desember 2007 – Sebanyak 5000 kg pupuk organik kemasan kecil dikirim dari Mekarsari untuk keperluan pupuk bambu jepang. Kelompok Mekarsari setiap bulan mampu memproduksi 20 ton pupuk organik.

13 Desember 2007 – Liputan oleh beberapa media cetak dan elektronik dari Yogyakarta; Agung (RCTI), Adi (Kompas), Ainun (Sindo), Putu (Bernas) dan Purwanto (TA TV).

25 Desember 2007 – Kunjungan oleh Bp. Suroto Haryo Nugroho dari SMP N 8 Yogyakarta untuk keperluan konsultasi tentang biogas. Penjajagan untuk lakasi student riset anak-anak SMP/ Agro Edutainment Program.

Be Sociable, Share!

Comments (1)

 

  1. moses usman berkata:

    menjadi bahan percontohan untuk daerah lain

Leave a Reply